Sunday 18 January 2015

SOS Bukan Singkatan Melainkan Kode Morse

SOS-Bukan-Singkatan-Melainkan-Kode-MorseTau Nggak,

Apa yang dimaksud dengan SOS?Apa kepanjangan SOS?
Secara umum, orang-orang menyatakan bahwa kepanjangan SOS adalah Save Our SOuls. Namun ada juga yang mengartikan SOS adalah Save Our Sailors, Save Our Ship, Survivor On Ship, Stop other Signal, dan Send Out Sailors. SOS merupakan tanda bahaya kode Morse Internasional. Pertama kali kode SOS digunakan oleh pemerintah Jerman pada 1 April 1905. Hingga akhirnya kode tersebut menjadi standard Internasional sebagai isyarat keadaan bahaya sejak 3 November 1906.

SOS bukan singkatan. Pada awalnya SOS hanyalah kode morse. Pemilihan kode SOS dikarenakan mudah untuk diingat ketika ditulis dalam kode morse. Pada kode morse, huruf S dilambangkan dengan titik sebanyak tiga kali (...). Sedangkan huruf O dilambangkan dengan garis pendek tiga kali (---). Sehingga, apabila digabungkan, menjadi SOS (...---...).

Penggunaan SOS biasanya menyorotkan lampu ke langit dengan kode morse SOS tersebut. Pilihan lain, dengan cara menuliskan SOS dengan tulisan besar di daratan, sehingga bisa dilihat dan dibaca dari atas oleh penyelamat. Apabila terdampar, maka gunakanlah kode SOS agar penyelamat bisa melacaknya.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar