Wednesday 4 November 2015

Manfaat Kerikil di antara Rel Kereta Api

Manfaat-Kerikil-di-antara-Rel-Kereta-ApiTau Nggak,

Mengapa ada kerikil di antara rel kereta api?
Adanya kerikil di antara rel kereta api berfungsi sebagai bantalan pemberat rel, sehingga rel tetap dapat berdiri kokoh dan stabil. Kerikil juga berfungsi sebagai penahan goncangan kereta api yang melaju dengan kecepatan tinggi. Sebuah kereta api mempunyai pegas yang berfungsi menahan goncangan, namun dengan adanya kerikil di antara rel kereta api, goncangan menjadi semakin kecil. Bahkan getaran-getaran yang mengalir ke rumah sekitar rel kereta api menjadi semakin berkurang.

Saat hujan, kerikil berfungsi untuk menahan dan memperlancar aliran air hujan. Adanya kerikil dapat mencegah terjadinya erosi atau pengikisan pada tanah sekitar rel kereta api. Sehingga dapat mencegah kecelakaan seperti anjloknya kereta api. Selain itu, dapat mencegah tumbuhnya rerumputan di sekitar rel kereta api yang akan menyebabkan tanah menjadi gembur. Sehingga, membahayakan kereta api yang melaju karena tanah yang tidak stabil.

Namun, tidak semua rel kereta api terdapat kerikil karena tergantung kondisi perlintasan rel kereta api. Seperti rel kereta api yang melintang di jalan raya, adanya aspal menggantikan fungsi kerikil. Begitu juga rel kereta api yang melintasi jembatan, dengan rancangan jembatan yang kokoh menggantikan fungsi kerikil di antara rel kereta api.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar