Thursday 12 November 2015

Keyboard QWERTY Solusi Pengetikan

Keyboard-QWERTY-Solusi-Pengetikan

Tau Nggak,

Mengapa tombol keyboard tidak urut abjad?
Pada umumnya, susunan tombol huruf pada keyboard tidak urut abjad, melainkan dimulai huruf QWERTYUIOP dari arah kiri ke kanan secara vertikal. Oleh karena itu, disebut dengan keyboard QWERTY. Susunan huruf yang tidak beraturan ini merupakan ide Christopher Latham Sholes yang mengalami masalah saat mengetik menggunakan mesin ketik.

Mulanya, keyboard yang digunakan tersusun sesuai abjad dan menghasilkan ketikan yang cepat. Namun, karena terlalu cepat, saat tombol ditekan mengakibatkan batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita akan saling mengait/tersangkut antara satu dengan yang lain. Padahal, keyboard yang terbuat dari besi dan kayu itu mempunyai jarak antar huruf yang jauh, serta sudah disesuaikan dengan bentuk dan ukuran tangan manusia.

Setelah melakukan percobaan susunan huruf pada keyboard, pada tahun 1873, Christopher mendapatkan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tak hanya sulit, orang yang menggunakan keyboard ini akan menjadi lamban saat mengetik. Namun, pria kelahiran Amerika Serikat ini menganggap keyboard QWERTY menjadi pilihan tepat, karena bertujuan untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Hingga akhirnya, keyboard QWERTY dipatenkan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar