Tuesday 3 August 2010

Google Goggles Aplikasi Penerjemah Gambar

Google-Goggles-Aplikasi-Penerjemah-Gambar
Google Goggles merupakan sebuah aplikasi baru yang bisa digunakan pada smartphone berbasis sitem Android. Aplikasi Goggles ini bisa melakukan pencarian (Google Search) bukan menggunakan kata, melainkan berdasarkan gambar. Misalnya ketika berada di Jakarta dan melihat sebuah monumen bermahkota emas tetapi lupa nama monumen tersebut, maka dengan mengambil foto monumen tersebut dan klik tombol "cari", secara otomatis aplikasi canggih ini akan melakukan pencarian pada google berdasarkan gambar atau foto yang ada.

Selain mampu mengidentifikasi gambar atau foto sebuah gedung (landmark), kemampuan lain dari Google Goggles yaitu mampu menerjemahkan teks bahasa asing. Cara kerja aplikasi ini dengan menggunakan teknologi mesin penerjemah milik Google serta kemampuan pengenal foto. Ketika seseorang menemukan teks berbahasa asing dan ingin menerjemahkannya, maka dengan menggunakan aplikasi Goggles yang telah terpasang pada smartphonennya, teks berbahasa asing tersebut dapat diterjemahkan dengan cara mengambil foto teks tersebut. Kemudian Google Goggles akan menerjemahkan teks secara otomatis.

Prototipe ini mengkoneksikan kamera smartphone dengan Optical Character Recognition (OCR) untuk menerjemahkan foto ke dalam teks terjemahan dalam 52 bahasa yang didukung Google Translate. Namun untuk saat ini, aplikasi Goggles ini baru menyediakan terjemahan Jerman-Inggris.

APlikasi Google Goggles pasti akan sangat membantu kebutuhan manusia, terutama bagi backpacker atau seorang traveller. Terlebih lagi kemampuan menerjemahkan bahasa asing, membuat pengguna teknologi semakin terkagum-kagum dengan teknologi buatan Google ini.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar