Friday 19 March 2010

Asal Mula Ballpoint yang Tak Praktis

Asal-Mula-Ballpoint-yang-Tak-Praktis
Tau Nggak,

Kapan ballpoint (pulpen/pena) ditemukan? Siapa penemu ballpoint?
Pada tahun 1888, seseorang dari Amerika Serikat yang bernama John Jacob Loud menciptakan alat tulis yang dinamakan ballpoint. Namun, saat itu penggunaannya masih bersifat kuno dan dianggap tak praktis karena tinta akan bocor jika digunakan di atas kertas, serta membutuhkan waktu lama agar tinta mengering. Awalnya ballpoint ini hanya digunakan untuk membuat tanda pada karung yang disimpan di gudang.


Bagaimana sejarah ballpoint selanjutnya?
Ballpoint dianggap sudah layak dan mudah digunakan ketika Laszlo mematenkan sebuah ballpoint dalam bentuk utuh pada tahun 1938. Laszlo Biro yang biasa disebut dengan panggilan Ladislao sudah menemukan konsep ballpoint sejak 1931. Jurnalis dari Hungaria itu bersama saudara lelakinya seorang kimiawan bernama George, mengembangkan ujung ballpoint baru yang terdiri dari sebuah bola yang dapat berputar bebas pada sebuah lubang. Saat berputar, bola tersebut akan mengambil tinta dari sebuah catridge. Lalu, tinta membasahi bola kecil yang mengalir secara kapiler dan dengan bantuan gravitasi. Kemudian menggelinding agar melekatkannya pada kertas. Karena bola kecil itulah alat tulis modern ini dinamakan dengan ballpoint.


Bagaimana perkembangan ballpoint?
Pada tahun 1943, mereka pindah ke Argentina untuk menghindari NAZI. Lalu, mematenkan ulang ballpoint yang telah diciptakannya pada tahun 1943. Pada tahun 1945, RAF menjadi pelanggan awal mereka yang sangat optimis terhadap kinerja ballpoint. Birome, asal kata Biro yang merupakan sinonim dari ballpoint, menjadi nama merk ballpoint pertama yang dijual hingga saat ini. Marcel Bich asal Prancis mendapatkan lisensi ballpoint tersebut dan menamai perusahaannya dengan BiC. BiC mampu memodifikasi desain Birome dan memproduksi secara massal, lalu dijual dengan sangat murah. Hingga saat ini BiC tetap menjadi pemimpin pasar ballpoint di dunia.


Nama Laszlo Biro dan George ditetapkan sebagai penemu ballpoint karena alat tulis yang diciptakannya lebih praktis dan mudah digunakan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar