Saturday 20 March 2010

Tutorial Internet dalam Bahasa Jawa

Tutorial-Internet-dalam-Bahasa-JawaBahasa merupakan sarana untuk saling bertukar informasi. Tanpa memahami bahasa yang disajikan, trafik pengunjung pada suatu website tidak akan sebanyak yang dinginkan. Hal ini, karena pengunjung tidak dapat memahami bahasa yang digunakan pada postingan sebuah website. Sehingga, webmaster perlu memikirkan kembali pemilihan bahasa yang tepat untuk disajikan kepada pengunjung yang bertujuan untuk memberikan informasi yang komunikatif dalam bahasa yang dipahami para pengunjung.

Bahasa inggris sebagai bahasa internasional, menjadi bahasa yang paling dipahami di seluruh dunia. Artinya, website yang menggunakan bahasa inggris (english) akan lebih dipahami oleh para pengguna internet. Begitu juga dengan Bahasa Indonesia bisa dipahami oleh pengguna dunia maya yang memahami Bahasa Indonesia.

Bagaimana dengan bahasa daerah?
Webmaster yang menggunakan bahasa daerah secara serius masih sangat sedikit, padahal potensi pengunjung cukup banyak, sebagai contoh bahasa jawa masih aktif digunakan dalam keseharian di Pulau Jawa. Orang Jawa yang telah bermigrasi ke seluruh pulau di Indonesia, Tenaga Kerja Indonesia yang berada di luar negeri, pelajar Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Amerika, Eropa, Australia juga turut memberikan potensi bahwa Bahasa Jawa sebagai bahasa daerah masih sering diucapkan hingga di berbagai daerah. Terlebih lagi orang Suriname yang notabene berbahasa Jawa-Belanda, sekitar 25 juta orang lebih.

Apabila surfing di dunia internet, semisal mencari artikel di Google atau Yahoo dengan menggunakan keyword: "basa jawa" atau "jawa", maka akan muncul beberapa website yang menggunakan atau sesekali menggunakan bahasa jawa di isi artikelnya. Namun, apabila surfing lebih jauh lagi, ternyata sebagian besar isi website memang belum menggunakan Bahasa Jawa secara serius. Hal ini dikarenakan masyarakat belum menganggap serius terhadap penghargaan bahasa daerah.

Satu hal penting adalah saat surfing di www.lyasa.com/jw admin menyajikan tema tutorial membuat website, multi bahasa serta tips dan trik internet yang dahsyat dalam tiga bahasa sekaligus : inggris (english), bahasa indonesia, dan basa jawa (boso jowo). Hal ini sangat bagus, setiap konten diterjemahkan secara sempurna dengan cara klik lambang bendera di sudut kanan atas, maka konten akan berganti bahasa secara outomatis.

Beberapa alasan agar penggunaan bahasa daerah juga bernilai penting :
1. Potensi pengunjung masih cukup banyak.
2. Unik, nilai keunikan cukup tinggi.
3. Menghidupkan jati diri bangsa dan bahasa.
4. Nilai kedaerahan yang kental tema situsnya.
5. Masih ada masyarakat yang belum paham bahasa lain.

Berdasarkan nilai-nilai luhur di atas, marilah untuk lebih serius mengangkat bahasa daerah nusantara dan bangga menggunakannya. Salah satu termudah yaitu membaca tutorial di situs yang disebutkan di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar