Thursday 25 March 2010

Komputer Super Cepat Dikembangkan Cina

Komputer-Super-Cepat-Dikembangkan-Cina
Pada tahun kemarin, 2009, Negara Cina merilis sebuah perangkat komputer super. Lalu mengklaim bahwa komputer ini merupakan komputer tercepat di dunia. Hal ini untuk menunjukkan upaya mereka untuk menjadi yang terdepan dalam bidang teknologi.

Perangkat komputer super ini dikembangkan di sebuah akademi kemiliteran Cina, National University of Defense Technology. Komputer yang diciptakan di Negara bambu ini, tercatat menduduki peringkat ke empat dalam daftar 500 komputer super tercepat di dunia.

Milky Way, nama yang diberikan pada komputer super cepat tersebut, secara teori dapat menampilkan lebih dari satu juta kalkulasi per detik. Sehingga, Milky Way sangat cocok digunakan untuk kepentingan penghitungan biomedis, memproses data seismik selama pengeboran minyak bumi, juga untuk merancang berbagai mesin yang digunakan di luar angkasa.

Sekitar 88 juta US Dollar, dana yang telah dikeluarkan. Selain itu, Milky Way juga memiliki lebih dari 11.000 mikroprosesor Intel dan Advanced Micro Devices. Salah satu tim perancang komputer menyebutkan bahwa Milky Way akan segera dipindahkan ke pusat komputasi super di Tianjin akhir tahun 2009.

Di lain sisi, Pemerintah Cina juga merancang komputer super jenis petaflop yang akan segera dirilis tahun ini. Dikabarkan bahwa komputer ini akan menggunakan CPU Godson CPU yang dikenal juga dengan nama Loongson, yaitu chip lokal yang dirancang atas sumbangan dana Pemerintah Cina.

Kini kedatangannya sudah ditunggu di Indonesia. Semoga dapat ikut merasakan canggihnya komputer super cepat itu.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar