Tuesday 6 April 2010

Makam Menggunakan Barcode di Jepang

Makam-Menggunakan-Barcode-di-JepangTerdengar sangat asing di telinga manusia pada umumnya mengenai teknologi sekarang ini sampai-sampai makam saja menggunakan barcode. Tapi itu memang terjadi di dunia nyata.

Jepang, sebagai negara maju dalam bidang teknologi, tetap mengaplikasikan kemampuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya orang yang masih hidup, melainkan orang yang sudah meninggalpun bisa menggunakan teknologi, yaitu pemakamannya.

Pusara atau kuburan di Jepang sudah dilengkapi dengan barcode sebagai tanda pengenal unik. Setiap pusara memiliki kode barcode unik tersendiri. Makam menggunakan barcode ini bertujuan untuk kemudahan pengidentifikasian dan ahli waris. Harga untuk setiap makam yang berteknologi ini ditaksir sekitar 1 juta yen atau sekitar 100 jutaan rupiah.

Jika diterapkan di Indonesia, sepertinya akan menimbulkan banyak pertentangan di kalangan umum. Selain harga yang tergolong tinggi, beberapa pemakaman di daerah rawan bencana alam yang tak terduga, pasti akan merugikan.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar