Sunday 25 April 2010

Coklat Dapat Mengurangi Rasa Sakit

Coklat-Dapat-Mengurangi-Rasa-Sakit
Banyak orang menyebut coklat sebagai makanan surga. Selain rasanya yang enak, coklat juga berkhasiat sebagai obat alami untuk meredakan sakit. Sejumlah peneliti di Universitas Chicago mengungkapkan bahwa kenikmatan saat mengulum coklat akan mampu meredakan sakit.

Coklat berasal dari xocoati (bahasa Suku Aztec). Bangsa Aztec di Meksiko percaya bahwa coklat dipercaya sebagai kiriman Dewa Pertanian dari surga. Selain itu Bangsa Aztec juga mempercayai bahwa coklat merupakan makanan para dewa.

Pada sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience, para peneliti melakukan uji coba terhadap sekelompok tikus yang ditempatkan di sebuah kandang. Tikus terlihat kesakitan dan mengangkat cakarnya saat lantai kandang dipanaskan. Namun, setelah tikus diberi makan coklat, mereka tak mengangkat cakarnya meski lantai tetap panas. Meskipun penelitian dilakukan terhadap hewan, tetapi para peneliti yakin akan berdampak sama pada manusia.

Selain itu, daya rangsang coklat untuk memproduksi endorphin mampu menciptakan suasana hati yang tenang. Endorphin merupakan zat kimia pada otak yang bisa menurunkan stres.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar