Saturday 13 August 2011

Google Conversation Penerjemah Universal

Google-Conversation-Penerjemah-Universal
Sedikit berbeda dengan Google Goggles yang mampu melakukan pencarian (Google Search) berdasarkan gambar dan menerjemahkan teks berbahasa asing. Kini Google Conversation hadir untuk Google Goggles. Kedua aplikasi canggih ini, sama-sama ciptaan Google.

Aplikasi Google Conversation merupakan aplikasi smartphone yang hampir dapat menerjemahkan percakapan dari satu bahasa ke bahasa lainnya dengan sempurna. Hingga sejauh ini, Google Conversation baru dapat menerjemahkan antara bahasa Spanyol dan Inggris saja. Namun, sangat memungkinkan untuk dapat mewujudkan harapan menjadi sebuah aplikasi penerjemah universal seperti yang ada di film Star Trek.

Meskipun harapan untuk menjadi penerjemah universal sangat mungkin untuk diwujudkan, namun banyak para ahli bahasa yang meragukannya, karena bahasa itu tidak sama dengan matematika atau statistik yang tanpa ekspresi. Kesulitan utama (penerjemahan) terkait dengan kecepatan ucapan, aksen/dialek, kata-kata dengan nada rendah, terutama penyebutan nama, dan menghilangkan suara-suara di belakang pembicara.

Rory Mulholland seorang koresponden AFP dan penerjemah beberapa novel dari bahasa Perancis ke bahasa Inggris menjelaskan bahwa penerjemahan komputer memang semakin membaik seiring berjalannya waktu, namun masih ada kesalahan. Terkadang penerjemah itu menghasilkan terjemahan yang sangat bagus dan kadang pula hanya menghasilkan rangkaian kata-kata yang sulit untuk dimengerti. Selain itu, kemampuan aplikasi penerjemah ini tidak sehebat dengan kemampuan manusia menerjemahkan percakapan.

Meskipun banyak para ahli meragukannya, namun dengan kecanggihan teknologi, Google akan berusaha untuk mewujudkannya. Hal ini bertujuan untuk kepentingan manusia. Meskipun berbeda bahasa, namun orang satu dengan yang lainnya akan tetap saling memahami percakapannya.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar