Thursday 25 August 2011

Ikan Juga Tidur Seperti Hewan Lainnya

Ikan-Juga-Tidur-Seperti-Hewan-Lainnya
Tau Nggak,

Apa ikan pernah tidur?
Seperti hewan lainnya, ikan juga butuh makan dan tidur. Namun, berbeda dengan hewan lainnya, ikan bisa tidur dimana saja yang dirasanya cocok, bersembunyi di balik karang, melayang di air, bahkan berbaring di dasar laut bersikap seperti ikan mati. Jadi, dapat dipastikan apabila ikan sedang diam tak bergerak di permukaan air, dapat dipastikan ikan tersebut sedang tidur.

Setiap ikan mempunyai cara tidurnya masing-masing, seperti ikan serowot tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari, ikan baronang tidur pada malam hari dengan cara miring di celah bebatuan, ikan karper eropa tidur pada malam hari di dalam karang yang dianggapnya nyaman, ikan sidat gusi tidur di pasir pada siang hari dengan kepala menyembul, ikan kakaktua sebelum tidur mengeluarkan lendir berbentuk jeli untuk menutupi dan melindungi tubuhnya dari pemangsa di saat tidur.


Mengapa ikan tidak memejamkan matanya saat tidur?
Ikan tidak mempunyai kelopak mata, kecuali ikan hiu. Sehingga, sulit untuk membedakan mana ikan yang sedang terbangun dan tertidur. Bahkan, ketika mencoba untuk menyentuhnya, ikan tersebut akan lebih dahulu terbangun dan menghindar.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar