Wednesday 17 August 2011

Mobil Terbang Masa Depan Ciptaan Inggris

Mobil-Terbang-Masa-Depan-Ciptaan-InggrisPada umumnya, mobil melintas di jalanan. Namun, tampaknya mobil terbang seperti di film-film akan menjadi kenyataan. Lima tahun lagi, diperkirakan mobil terbang akan beroperasi di jalanan, terutama di salah satu negara produsen Mobil.

Terrafugia Transition, sebuah nama mobil terbang yang dirancang oleh Carl Dietrich seorang ahli penerbangan Inggris. Mobil ini ini akan digunakan secara umum di Inggris. Terlebih lagi otoritas penerbangan di Amerika Serikat National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) juga menyetujui model mobil terbang tersebut.

Terrafugia Transition merupakan pesawat dengan dua tempat duduk yaitu untuk seorang pilot atau pengemudinya dan seorang penumpang. Mobil impian ini mampu melaju hingga 115 mil per jam dan berdaya jelajah hingga 500 mil dengan tangki penuh. Selain itu, mobil terbang ini juga dilengkapi dengan kantung udara pengaman. Alat transportasi inovatif ini dibandrol USD 250 ribu. Hanya membutuhkan 20 jam pelatihan, pengemudi akan bisa mengemudikan dan menerbangkan mobil terbang ini.

Tidak beda jauh dengan yang ada di film-film, hanya menyentuh satu tombol saja, maka kedua sayap akan melipat secara otomatis dan kekuatan mesin akan dialihkan dari baling-baling ke roda belakang selama 15 detik. Apabila dikemudikan di jalanan, Terrafugia Transition mampu melaju dengan kecepatan 65 mil per jam dan dirasa muat garasi ukuran standar.

Berita ini juga menarik perhatian John Travolta seorang aktor yang mempunyai pesawat dan sertifikat pilot Boeing 707 sudah sangat berminat memiliki mobil terbang seperti di film Transformer. Richard Branson, seorang konglomerat yang memegang rekor dunia setelah menyeberangi Selat Inggris dengan mobil amfibi juga menyatakan ingin segera mengendarai Terrafugia Transition yang merupakan ide cemerlang dari penerbangan Inggris. Bahkan, 20 warga di Inggris secara terang-terangan menyatakan untuk segera membeli Terrafugia Transition.

Badan Keselamatan Lalu-lintas AS juga telah memberi jalan bagi mobil terbang untuk meluncur di jalan tol karena memang dianggap memungkinkan untuk digunakan di jalanan AS. Serta juga akan mempermudah Terrafugia Transition mengantongi sertifikat keselamatan dari Badan Keselamatan Eropa di Cologne karena standar keselamatan di Eropa sangat mirip dengan AS.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar