Sunday 14 August 2011

Penemu Mesin Cetak Seorang Tukang Emas

Penemu-Mesin-Cetak-Seorang-Tukang-Emas
Tau Nggak,

Siapa penemu mesin cetak?
Johannes Gutenberg kelahiran Kota Mainz Negara Jerman dikenal sebagai penemu mesin cetak. Gutenberg yang lahir sekitar tahun 1398 M, mulanya hanya seorang tukang emas untuk uskup di Mainz. Mengikuti jejak orang tuanya sebagai tukang emas, Gutenberg mendapatkan ide bagaimana menghasilkan surat pengampunan yang dibutuhkan Gereja dalam jumlah banyak, dengan cara membentuk kop huruf untuk mencetaknya. Waktu itu, buku dan surat ditulis dengan tulisan aksara latin menggunakan tulisan tangan. Sehingga ketika penyalinan naskah, akan menyebabkan banyak kesalahan dan relatif lambat.


Bagaimana awal mula mesin cetak?
Pertama, Gutenberg membuat acuan huruf logam dengan menggunakan timah hitam untuk membentuk tulisan aksara latin. Hampir 300 bentuk huruf berhasil dibuat untuk meniru bentuk tulisan tangan yang berbentuk tegak bersambung. Lalu, GUtenberg membuatkan mesin cetak yang bergerak untuk mencetak. Mesin cetak bergerak ini menjadi sumbangan terbesar Gutenberg.


Sebenarnya beberapa abad sebelum penemuan mesin cetak ini, di Cina sudah berkembang cetak blok. Terbukti dengan sudah ditemukannya buku cetakan pada tahun 868 M. Namun, cetak blok memungkinkan pencetakan sejumlah besar eksemplar buku tertentu. Hal ini dianggap tidak praktis. Selain itu, sebelum Gutenberg juga terdapat beberapa orang yang membuatnya, namun tidak sesempurna seperti penemuan Gutenberg. Penemuan mesin cetak berkebangsaan Jerman ini, mampu memproduksi secara besar-besaran. Tak hanya penemuan alat, namun serangkaian penyempurnaan juga dilakukan hingga menghasilkan suatu produksi lengkap.

Injil Gutenberg yang dicetak di Mainz sekitar tahun 1454 M menjadi karya terbagusnya, namun nama Johannes Gutenberg tidak tercantum dalam buku manapun bahkan dalam Injil Gutenberg walaupun Gutenberg sendiri yang mencetaknya. Johannes Gutenberg wafat pada tahun 1468 M di kota Mainz. Berkat penemuan mesin cetak Gutenberg, Eropa mampu melaju lebih pesat dari pada Cina yang masih menggunakan cetak blok dalam membuat cetakan naskah.

2 comments:

  1. saya baru tau malah kalo Johann Gutenberg penemu mesin cetak..
    makasih infonya...
    kunjungi blog ane sob blogsolu.com

    ReplyDelete
  2. oke, terima kasih juga telah berkunjung,
    bagus kok blog kamu, uda ane kunjungi gan

    ReplyDelete

Terima kasih telah memberikan komentar