Wednesday 19 May 2010

Tips Tetap Sehat dan Terhindar Penyakit

Tips-Tetap-Sehat-dan-Terhindar-Penyakit
Perubahan cuaca yang tak dapat diperkirakan seperti saat ini, dapat menyebabkan sistem pertahanan tubuh melemah. Resiko tertular penyakit bisa ditekan dengan menjaga kebersihan, olahraga, dan gizi yang cukup.

Menghindari sakit, itulah pilihan yang tepat untuk dilakukan mulai saat ini karena biaya berobat tidak murah. Untuk melakukannya sangat sederhana, tidak butuh banyak biaya dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Berikut ini adalah 10 tips tetap sehar dan terhindar dari penyakit:

1. Istirahat yang cukup
Kurang tidur sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental, termasuk berkurangnya sistem pertahanan tubuh. Orang yang kurang tidur akan lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, jika mulai mengalami keluhan kesehatan yang tidak diketahui penyebabnya, cobalah untuk memperbaiki pola tidur.

2. Bersihkan permukaan seluruh perabot
Kontak secara tidak langsung dengan berbagai perabotan juga bisa menularkan penyakit. Permukaan meja, kran air, gagang telepon, dan pegangan pintu harus dibersihkan secara rutin karena sering bersentuhan dengan tangan, yang menjadi tempat virus dan kuman penyakit mampu bertahan hidup selama beberapa jam, bahkan beberapa hari.

3. Hindari berpesta saat musim penyakit
Alkohol, rokok, begadang sampai pagi, dan obat-obat stimulansia saat berpesta ria dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan mudah terserang penyakit. Berpesta tanpa ada resiko tertular penyakit, dapat dicegah dengan memastikan tidak ada yang sedang flu.

4. Jangan berbagi-pakai barang pribadi
Hindari barang pribadi yang bersentuhan dengan mulut digunakan secara bersama-sama, seperti gelas dan piring, sikat gigi, rokok, makanan, dan minuman yang menyebabkan kuman penyakit mudah menular.

5. Cukupi kebutuhan cairan
Mengonsumsi air yang cukup, perlu dilakukan saat kondisi sehat untuk mencegah terkena sakit. Lebih dari 60 persen tubuh manusia terdiri dari air yang berfungsi untuk mengantarkan nutrisi ke sel sekaligus melarutkan racun-racun dalam tubuh.

6. Makanlah sayur dan buah-buahan yang berwarna-warni
Kekebalan tubuh juga dapat dipertahankan dengan nutrisi yang cukup, seperti vitamin dan mineral. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Pada umumnya, semakin gelap dan berwarna-warni, semakin banyak nutrisinya.

7. Berolahraga
Olahraga apapun asalkan dilakukan secara rutin, mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya inflamasi molekul dalam sel yang menyebabkan rusaknya sistem imun. Olahraga ringan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, asal dilakukan secara rutin.

8. Jauhi orang sakit
Sebagian besar virus flu menular melalui kontak langsung dari orang ke orang, sehingga cukup masuk akal apabila menghindari orang sakit flu dapat mencegah penularannya. Bersihkan tangan sesering mungkin.

9. Jangan sembarangan menyentuh wajah
Wajah mempunyai begitu banyak pintu masuk bagi kuman penyakit. Untuk mengurangi resiko masuknya kuman, jangan menjilat tangan. Ketika gatal, hindari menggunakan tangan untuk menggosok hidung atau mata.

10. Jaga kebersihan tangan
Anjuran untuk mencuci tangan bisa ditemui di mana saja, karena memang efektif menekan risiko penularan penyakit. Oleh karena itu, cucilah tangan dengan sabun atau minimal air yang mengalir secara rutin.

Tips di atas ampuh untuk tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri, kemudian pada lingkungan sekitar, termasuk pada orang lain.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar