Thursday 20 May 2010

Penyebab Sulit Konsentrasi dalam Bekerja

Penyebab-Sulit-Konsentrasi-dalam-BekerjaSulit menjaga konsentrasi bisa terjadi pada seseorang. Kondisi medis menjadi salah satu penyebab pada seseorang yang tidak bisa menjaga konsentrasi, seperti Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Di samping itu, ada juga yang disebabkan oleh faktor lain. Untuk pencegahannya juga bisa diatasi dengan mudah.

Pada umumnya, sulit menjaga konsentrasi disebabkan dari faktor internal pada seseorang, seperti stres dan kurang olahraga. Namun, faktor eksternal juga bisa mempengaruhi seseorang sulit menjaga konsentrasi, seperti lingkungan kerja serta dampak buruk dari perkembangan teknologi.

Beberapa pakar mengungkapkan 5 faktor yang menyebabkan konsentrasi berkurang, antara lain:

1. Keracunan teknologi
Semakin banyak gadget yang menarik perhatian, fokus pada satu pekerjaan akan semakin sulit. Untuk menghindari ketergantungan pada gadget, sesekali usahakan untuk menghindari iPod, Blackberry, komputer, laptop dan perangkat canggih lainnya. Waktu yang tepat untuk menghindari gadget seperti setelah makan malam atau sebelum tidur.

2. Kurang tidur
Pola tidur yang kurang dapat mengganggu konsentrasi bekerja di siang hari. Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat mengganggu mood atau semangat dalam bekerja, menyebabkan seseorang mudah marah dan merasa lelah. Untuk menghindari pola tidur yang kurang dengan cara mengatur waktu dengan baik agar pola tidur tidak terganggu.

3. Kurang puas dengan pekerjaan
Suasana kerja yang tidak nyaman dapat mengurangi semangat dan konsentrasi dalam bekerja. Hal ini bisa terjadi karena terjadi konflik dengan atasan maupun rekan kerja, mengerjakan proyek yang membosankan, atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuan. Solusi yang mudah yaitu mencari pekerjaan baru.

4. Terlalu banyak tekanan
Stres dan perasaan gelisah sangat mengganggu konsentrasi seseorang karena mempengaruhi bagian pusat kognitif di otak. Bagian tersebut bertanggung jawab pada kemampuan seseorang dalam berpikir secara cepat dan tajam. Untuk meredakan stres, banyak cara yang bisa dilakukan seperti mendengarkan musik maupun refreshing.

5.Kurang olahraga
Olahraga secara teratur dapat menjaga pikiran tetap tajam bahkan meningkatkan daya ingat seseorang. Di samping itu, aktivitas yang menguras banyak keringat akan membakar kelebihan energi yang sering memicu rasa gelisah. Sehingga, tidur malam menjadi lebih efektif dan tak terganggu. Hal ini menjaga pikiran tetap segar dan dapat bekerja secara maksimal di siang hari dengan konsentrasi yang maksimal.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan ketika konsentrasi mulai menurun. Hal tersebut pasti ada penyebabnya dan harus segera diatasi agar pekerjaan dapat terselesaikan secara maksimal.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar