Wednesday 19 May 2010

Robot Pendeteksi Daging Manusia

Robot-Pendeteksi-Daging-Manusia
Sejak kronologis robot melukai manusia, para peneliti berpikir keras untuk menemukan cara yang paling ampuh untuk menghindari kejadian itu terjadi lagi. Akhirnya, mereka menemukan sebuah ide untuk menciptakan sistem khususyang akan menghentikan operasi jalannya mesin-mesin ketika mendeteksi daging manusia.

Alin Albu-Schaffer dan Gerd Hirzinger, bekerja sama untuk menciptakan sebuah robot yang mampu mendeteksi keberadaan manusia, sehingga robot tidak menyerang dan melukainya. Lengan robot ini seberat 30 kg dan panjang lebih dari 3 meter. Selain itu, juga dilengkapi dengan berbagai senjata tajam termasuk pisau untuk memotong daging, pisau dapur, gunting, dan obeng. Kedua peneliti tersebut memprogram lengan robot agar bisa menggunakan senjata, menusuk, memotong daging, dan lengan manusia dari seorang relawan. Hasilnya, robot canggih ini tidak melukai lengan manusia karena sudah mampu membedakan daging manusia dengan daging lainnya.

Tak hanya berhenti disana, kini para ilmuwan ingin mencoba mengurangi bahaya dengan sistem keamanan yang dapat mendeteksi ketika robot berhadapan dengan sesuatu yang mengancamnya. Para ilmuwan menggunakan sensor torsi untuk menggerakan dan menghentikan gerakan robot.

Pada tahun 1981, mulai bermunculan kecelakaan kerja yang disebabkan robot-robot. Salah satunya yaitu seorang pekerja Jepang yang sedang bekerja tak sengaja masuk ke mesin hidrolik yang terdapat robot. Namun, robot tersebut belum mampu mendeteksi pria berusia 37 tahun itu, kemudian robot tersebut melukainya. Kejadian tersebut menjadi kecelakaan kerja pertama yang disebabkan oleh robot. Tak lama kemudian, banyak pekerja yang menjadi korban. Bahkan terdapat kecelakaan kerja sebuah robot menuangkan aluminium cair di atas manusia. Terdapat 77 kecelakaan yang disebabkan robot di tahun lalu.

The German Aerospace Center (DLR) mengharapkan adanya robot yang telah mampu mendeteksi daging manusia, akan lebih sensitif terhadap kehadiran manusia. Sehingga pembuatan robot bisa mendukung dan mempermudah aktivitas kehidupan manusia.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberikan komentar